Bertemu Warga Arfak-Papua Barat, Presiden Jokowi: Beri Waktu Saya 2 Tahun Untuk Rampungkan Infrastruktur, Bandara Dan Puskesmas

Papua Barat menjadi wilayah yang dikunjungi pertama kali oleh Jokowi setelah pelantikan Presiden untuk periode kedua pada akhir pekan lalu, Minggu (20/10).

Presiden Joko Widodo akan mengunjungi Kabupaten Pegunungan Arfak dan Kaimana semasa kunjungan kerjanya di Papua Barat. Pada Minggu (27/10/2019) pukul 09.40 WITA, Jokowi dan rombongan tiba di helipad Bandar Udara Irai, Kabupaten Pegunungan Arfak.

Pertemuan digelar di Lapangan Bola Irai, Kabupaten Pegunungan Arfak dan dihadiri sekitar 3000 warga yang berasal dari 10 distrik dan 162 desa. Jokowi menyebut kedatangannya karena ada masukan dari kepala daerah setempat, terutama terkait pembangunan infrastruktur di daerah setempat.

“Beri waktu saya dua tahun untuk menyelesaikan bandara yang ada di sini. Sehingga semuanya terbuka, masyarakat bisa pergi ke mana pun dan bandara adalah sebuah sarana transportasi yang sangat penting untuk bisa lebih maju ke depan,” ujar Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke Papua Barat.

Ia berharap akses jalan tersebut akan memudahkan transportasi orang dan distribusi barang terutama produk-produk pertanian. Dengan demikian, para petani asal Pegunungan Arfak nantinya bisa menjual beragam komoditas pertanian seperti wortel, kol, dan kentang ke Manokwari.

“Agar barang-barang pertanian, produk-produk pertanian yang berasal dari Pegunungan Arfak bisa dijual di Manokwari,” kata dia.

Pembangunan jalan, bandara, dan infrastruktur lain juga diharapkan akan mendorong pariwisata dan perekonomian wilayah kabupaten pemekaran itu. Ia menilai infrastruktur-infrastruktur itu, terutama bandara memiliki peran penting bagi perekonomian penduduk setempat agar bisa lebih maju.

@cepu_supriyanto

Berita Terkait

Top